Musikal Laskar Pelangi: fenomenal yang megah!

beberapa souvenir yang bisa dibeli untuk koleksi

Karya fenomenal..

Yang ditunggu-tunggu di akhir tahun ini akhirnya tiba. Inilah karya cerita fenomenal dari seorang Andrea Hirata yang setelah sukses melalui bukunya dan lalu diangkat ke dalam layar lebar oleh Riri Riza, kini hadir dalam balutan drama musikal yaitu Musikal Laskar Pelangi.

Musikal Laskar Pelangi merupakan adaptasi yang secara sedemikian rupa disutradarai apik dan megah oleh Riri Riza dan juga (masih) diproduseri oleh Mira Lesmana dengan Toto Arto. Didukung oleh tangan dingin Erwin Gutawa (music director), Hartati (Choreographer) dan Jay Subyakto (production designer) yang semakin menambah sentuhan indah dalam drama musikal ini.

Awalnya aku memang salah seorang penggemar dari buku tetralogi Laskar Pelangi, sehingga rasanya wajib bagiku untuk menonton drama musikal ini. Dengan bermodalkan “coba-coba”, kuputuskan membeli tiket kelas 3 seharga Rp. 100.000,- untuk pementasan hari Minggu,19 Desember 2010 pukul 14:00 WIB.

Selain itu, alasan lain adalah ingin melihat penampilan temanku, Lisa Depe, yang ambil bagian dari drama musikal tersebut. Ia berperan sebagai Ibu Bersasak PN Timah. Sosok antagonis yang menurutku adalah peran yang lucu. Hehe.. :p

Tirai terbuka dan ada sesuatu yang megah disana…

Musik mengalun, tirai menampilkan nama-nama pengisi drama Musikal Laskar Pelangi, lalu terangkat dan membuat mulutku terbuka! Sebuah set Kampung Gantong yang lengkap dan hampir sama persis seperti gambaran yang ada di film. Sungguh detail dan megah.

Dibuka dengan kedatangan tokoh Ikal dewasa, drama pun membawa penonton mengenal kota kelahiran si tokoh utama tersebut, Kampung Gantong. Juga dimana kampung tersebut berada yaitu Pulau Belitong. Pulau yang kaya tetapi banyak warganya yang hidup menderita akibat tembok-tembok penguasa di perusahaan tambang bernama PN Timah. Diperlakukan berbeda termasuk dalam urusan pendidikan.

 

Lisa Depe yang juga berperan sebagai warga Kampung Gantong

Secara garis besar tak banyak perubahan cerita, tentu saja karena drama ini tidak ingin penonton kehilangan pesan yang ingin disampaikan. Namun ada beberapa tokoh yang sepertinya sengaja dihilangkan, dan sebagian lagi ditonjolkan porsinya. Seperti peran yang dimainkan oleh temanku itu, Lisa Depe. Hehehe… ;p

Lagi-lagi yang membuatku kagum selain suara emas pemain utama Lea Simanjuntak (Ibu Muslimah) dan pemeran lain, tentu saja karena setting panggung yang selama pertunjukan penuh dengan kejutan. Unsur air dan bukit-bukit savana serta kawasan PN Timah dihadirkan secara indah di atas panggung. Lalu adegan di pantai berbatu besar yang juga dihadirkan diatas panggung. Benar-benar membuat penonton terus bertepuk tangan dan kagum.

bersama "Pak Harfan" dan "Bakri"

Selama hampir 3 jam penonton akan dihibur habis-habisan dengan suara emas para pemain (yang pada layer lain juga ada nama-nama seperti Eka Deli dan Dira Sugandi), tarian yang rumit dan enerjik, set panggung yang megah dan penuh kejutan, alunan musik yang indah, serta tata cahaya yang juga tak kalah indah.

Saranku jika ingin menyaksikan drama ini secara puas, jangan beli kelas 3! Karena bikin sakit leher akibat kebanyakan menunduk. Hehehe… :p

Dan aku pun masih akan menonton lagi. Semoga masih kebagian tiket deh.. 🙂

 

Lihat trailernya:

Advertisements

5 responses to this post.

  1. Ayo Umen nonton lagi! Kayanya yg kelas 2 agak mendingan tuh! 😀

    Reply

  2. Posted by airyz on December 24, 2010 at 8:53 am

    waaaa, jadi pengen nonton 😦

    Reply

  3. […] sayang, Depe harus ke show Musikal Laskar Pelangi dan Nath harus ke Bogor, jadi ga bisa nyobain Cordon Bleu Tempe isi Mozarella. Dan sampai kopdar […]

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: